Selasa, 26 Februari 2013

LABEL MANAJEMEN K-POP YG MERAJAI DI KOREA SELATAN

Dengan banyaknya grup K-Pop yg lahir di negara ginseng Korea Selatan membuat manajemen-manajemen yg ada di Korea terus berlomba2 untuk menciptakan grup K-pop yang bisa menambahkan pundi2 dari manajemen tersebut. Bicara soal manajemen, banyak nama2 manajemen yg ada di Korea,berikut nama2 manajemen yg ada dan artis/grup K-pop yang bernaung di bawahnya :

1. SM Entertainment Artis: BoA, Kangta, TVXQ, Super Junior, Girls Generation,SHINee, f(x)
2. YG Entertainment Artis: PSY, Big Bang, 2NE1, Se7en, Lee Hi
3. JYP Entertainment Artis: Wonder Girls, 2PM, miss A, 2AM, JJ Project, 15&
4. LOEN Entertainment Artis: IU, Ga In Brown Eyed Girls, Fiestar, Sunny Hill
5. Cube Entertainment Artis: B2ST, 4minute, G.NA, BTOB, A Pink, Huh Gak
6. Core Contents Media Artis: T-Ara, COED School, Gang Kiz
7. Star Empire Entertainment Artis: ZE A, Nine Muses, Jewelry
8. Dream Tea Entertainment Artis: Girls Day
9. DSP Media Artis: SS501, KARA, A-JAX, A’st1
10. Pledis Entertainment Artis: After School, Son Dam Bi, NU’EST, Hello Venus

Dari ke-10 nama label manajemen di atas, sesuai dengan topik yg mau dibahas adalah label manajemen yang sekarang ini sedang merajai di Korea ada 3 nama label manajemen. Tolak ukur dari kata merajai di dasari dari nilai saham yg di miliki. Ke-3 label manajemn itu adalah :
1. YG Entertainment menerima 811,2 poin
2. SM Entertainment berada dekat dibelakangnya dengan 808,8 poin
3. JYP Entertainment dengan 714,5 poin

Data diatas berasal dari badan evaluasi brand BSTI (Brand Stock Top Index). BSTI mengevaluasi semua sirkulasi pertukaran saham perusahaan diKorea. BSTI mengevaluasi poin melalui seberapa bagusnya indeks saham mereka (dari 700 poin) dan dari survey konsumer (dari 300 poin), dan perusahaan-perusahaan tersebut diberi peringkat dari berapa banyak poin dari 1.000 poin yang mereka terima.
Naiknya YG ke peringkat pertama berdasarkan atribusi dari kesuksesan ‘Gangnam Style’ Psy. Kepopuleran lagu dan si penyanyi ini, serta kesuksesan dari para artis YG lainnya seperti Big Bang dan 2NE1, ini meningkatkan poin surver konsumer YG.
Sudah bukan hal yang menganggetkan lagi jika memang YG entertaiment mendudukin posisi No.1 di Korsel, salah satu faktor terbesarnya adalah karena adanya PSY di bawah naungan YG entertaiment yang belakangan ini booming dengan Gangnam Style nya hingga ke seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai YG entertaiment :

1. Berdiri pada Maret 1996 oleh Yang Hyun Suk (CEO) dan Yang Min Suk (CEO). Nama YG entertaimen juga berasal dari singkatan kedua nama founder dari YG entertaiment tsb.
2. mengkhususkan diri dalam memproduksi R&B dan hip hop musik.
3. YG Entertainment baru-baru ini membentuk proyek baru di Jepang disebut YGEX.
4. Sekarang ini para Artis YG entertaiment berkembang menjadi paling terdepan dan pemimpin Hallyu dan musik Korea sendiri di seluruh dunia.
5. Video dari YG Entertainment dan para artisnya telah lebih dari 3 miliar ditonton dan berlangganan oleh lebih dari 5 juta pengguna di YouTube saja, membuat mereka seniman yang paling dilihat dan ditempatkan dan agen hiburan di Asia-Pasifik.
6. YG Entertainment telah mendapat pengakuan di seluruh dunia setelah BigBang menyisihkan Britney Spears untuk memenangkan Act Seluruh Dunia Terbaik di 2011 Europe Music Awards MTV.
7.PSY Gangnam Style mencapai lebih dari 1 miliar kali dilihat di YouTube setelah berhasil bersaing dengan video musik oleh Lady Gaga dan Katy Perry untuk memenangkan Best Video di MTV Music Awards Eropa 2012 Sebagai hasil dari prestasi seniman musik, harga saham dari label rekaman. telah melihat tahun-ke-tahun meningkat lebih dari 50%.
Berikut fakta mengenai SM Entertaiment :


1. Berdiri pada tahun Februari 1995,oleh Lee Soo Man, sama hal nya seperti YG, SM pun adalah singkatan dari nama sang pendiri label manajemen tsb. Namun sekarang sudah berubah menjadi Star Museum.
2. Perusahaan ini terkenal sebagai rumah grup-grup legendaris, seperti H.O.T., S.E.S., dan Shinhwa.
3. SM Entertainment juga mempublikasi Avex Trax untuk artis Jepang seperti Ayumi Hamasaki, Namie Amuro dan Koda Kumi.
4. Perusahaan ini sekarang menaungi beberapa artis seperti Girls' Generation, Super Junior, SHINee, f(x), TVXQ, BoA, EXO, dan J-Min.
5. Memiliki banyak anak perusahan yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya :
* SM TinTin Hall (2000)
* SM Entertainment Japan (2001)
* SM Academy (2003)
* SM Pictures (2007)
* SM Amusement
* SM F&B Development
* SM Entertainment USA (2008)
* SM Town Travel (2012)

Dan yang terakhir fakta untuk JYP entertaiment, sebagai berikut :

1. Didirikan pada November 1997, oleh Park Jin-young, dan nama JYP pun adalah inisial nama dari pemilik JYP itu sendiri.
2. Pada bulan Desember 2010, Park Jin-Young mengumumkan bahwa J. Tune Entertainment akan bergabung dengan JYP Entertainment.
3. Rumah bagi artis seperti Rain, Park Ji Yoon, dan g.o.d, daftar saat label terhadap artis rekaman termasuk Wonder Girls, JOO, 2AM, 2PM, Miss A, San E, JJ Project, Baek Ah Yeon dan 15&
4. Memiliki anak perusahaan sebagai berikut :
* AQ Entertainment
* Big Hit Entertainment
* J.Tune Entertainment (MBLAQ & Rain)

Itulah sedikit info mengenai 3 label manajemen yang sedang merajai di Korsel, semoga berguna dan bisa jadi referensi.

Note : pls join my blog if you already visited this blog. Tq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar