Rabu, 29 Mei 2013

Persiapan dan Pertimbangan Mengenai Pendidikan Anak Plygrp VS PAUD



Tidak terasa jagoan kecil ku sudah berusia lebih dari 2,5 tahun. Aku sudah mulai memutar otak untuk menjelajahi berbagai referensi yang ada mengenai pendidikan anak. Referensi yang ada yang aku maksud adalah dari berbagai sumber, baik itu dari pengalam pribadi ibu-ibu senior, dunia maya, media cetak sampe ke pameran pendidikan... kebetulan aja lagi ada di suatu mall dan bertepatan sudah mau tahun ajaran baru khan.
So, memang dari awal aku dan Bapanya sudah membahas mengenai pendidikan si kecil, tadinya seh belum ada niat untuk memasukkan si kecil ke suatu sekolah yah, karena berdasarkan pada takut nantinya si anak keburu bosen karena terlalu dini dibawa ke dunia belajar, sedangkan anak ku masih usia di mana dia masih bermain. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa lebih baik jika sejak dini anak di ajarkan untuk memahami segala sesuatu yang perlu dia pahami namun dalam kondisi yang tidak ketat dalam arti belajar sambil bermain, karena akan lebih baik mengajarkan si kecil dari awal untuk tertib dalam berteman, bermain dan juga dalam membedakan waktu yaitu waktu untuk kesekolah dan berkumpul bersama temannya (dalam kondisi sekolah untuk anak umur 2-4 th).
Ok, untuk keputusan memasukan anak ke sekoah atau tidak dari awal, akhir kami sepakat kenapa kita tidak coba memasukkan si kecil ke sekolah, toh jika nanti si kecil merasa tidak nyaman dan merasa terbebani kita bisa berhenti. karena kami sebagai orang tuanya tidak mau memaksakan kehendak kami.
Setelah kesepakatan sudah ketemu, terhambat lagi pada pertimbangan... jenis sekolah apa yg hendak kita masukkan si kecil ini, karena khan sekarang ini sudah banyak sekolah-sekolah untuk Batita/Balita. Sudah pastilah kalo sudah membicarakan sekolah apa ... pasti berbuntut pada materi alias iuran sekolah. karena logikanya dengan besarnya biaya sekolah tersebut sudah pasti ada kwalitasnya. Aku pribadi sebagai seorang Ibu (suka itung-itung) kow kayaknya kurang setuju dengan memasukkan si kecil ke sekolah yang bernama, karena menurut aku lebih baik aku melihat perkembangan anak ku dulu apakah memang dia membutuhkan pendidikan dengan biaya yang besar di usianya yang 2,5 tahun. Toh, waktu aku lihat di open house salah satu sekolah/playgrp yang ternama pendidikan yang diberikan sama dengan kita kaum ibu jika menemani si kecil di rumah, yaitu bernyanyi, bercerita, bermain dsb, hanya saja yang kurang si kecil tidak memiliki teman yang seusianya dalam jumlah banyak ^_^ untuk teman nya berkomunikasi.
Dari pengalaman ku melihat open house tersebut, aku diskusikan kembali dengan si Bapa, syukurnya dia memahami penjelasan ku dan menyerahkan keputusan di tanganku hahahahaha wanita berkuasa ... ! Final decission-nya aku kembali mencari pendidikan yang tidak terlalu mahal tapi memiliki sama manfaatnya (belajar + bermain).
PAUD ... pasti sudah banyak ibu-ibu yang tahu soal PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), sekilas soal Paud ini dari kepanjangannya aja sudah bisa kita ketahui. Fungsi dasarnya adalah untuk membekali si kecil dengan berkomunikasi yang baik, mengenal waktu dalam beraktivitas, bergaul dengan teman, memahami pendidikan dasar tambahan yang sudah di berikan di rumah, yah kata lainnya adalah PAUD ini adalah bentuk "negerinya" Playgrp. Karena khan ini adalah program pemerintah. Dulunya PAUD ini tidak dikenakan biaya uang masuk, hanya saja setiap anak yang datang dipungut Rp 1.000/hari (itupun kalo masuk anaknya). Namun seiringnya waktu PAUD mulai bergeser mengikuti masa. ada beberapa PAUD yang mulai mengadakan uang pangkal, iuran, seragam, snack dan lainnya. Kalo di pikir-pikir jadi tidak ada bedanya dengan plygroup ... hhhmmm tapi tidak apa-apa lah berbayar tapi tidak semahal yang sudah-sudah saya dengar dari beberapa playgrp yg ada.
Ok, PAUD konfirm. Ada uang Pangkal + Seragam+ Iuran+Snack, dengan jadwal masuk sekolah senin-jum'at. jumlah anak dibatasi dan untuk anak di usia 2-4 tahun masuk kelas jam 10 pagi... ok, good start.
Sekarang anakku sudah tidak sabar menunggu kapan dia akan memakai seragam dia dan bersekolah, aku harap semangatnya akan membawa dia pada hal yang positif dan tidak merasakan kebosanan dengan aktifitasnya yg baru nanti. Aku bener-bener excited melihat perkembangan anak ku ... !

Note : pls join my blog if you already visited this blog. Tq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar